Tarif Internet Akan Menggunakan Volume Base

Akhir bulan April pemerintah akan memberlakukan sistem pentarifan baru bagi internet. Tarif yang akan digunakan adalah tarif volume base yaitu seberapa besar jumlah pemakaiannya dengan cara tersebut dinilai lebih efisien dalam penggunaanya.

“Kami akan menyeragamkan tarif dengan besaran volume itu,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Muhammad Nuh, dalam jumpa pers kepada TeknologiNET di Surabaya.

Nuh juga mendukung yang telah menggunakan ketentuan volume base, diyakini dapat menghemat biaya pemakaian internet. “Jika menggunakan tarif lama, yakni dengan time based minute, konsumen akan menghabiskan banyak biaya,” ujarnya.

Tarif baru akan efektif mulai kuartal I pada tahun ini, dikarenakan karakteristik masyarakat saat ini yang sangat beragam. Tarif yang lama sudah tidak sesuai dengan kondisi sekarang, karena membuat ketidakadilan bagi pemakai internet.

“Padahal, orang telepon biasanya membutuhkan waktu rata-rata sekitar dua menit sekali pakai, sedangkan pengguna internet butuh waktu 15 menit,” ujarnya.

Penurunan tarif internet ini yang akan dilakukan bulan april ini belum ditentukan persentase penurunannya, karena masih dalam tahap pengkajian.

“Namun, kami bangga dengan operator internet, seperti Telkom yang sudah menurunkan tarifnya hingga 20 persen. Padahal, kebijakan penurunan tarif belum dilakukan,” tambahnya.

Dengan adanya Surat Kesepakatan Bersama (SKB) empat menteri yakni Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Dalam Negeri, Menteri Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Menkominfo menandatangani kesepakatan bahwa pemakaian tower BTS seluler minimal oleh tiga operator. Jadi jika ada pihak yang monopoli dipersilahkan untuk melaporkan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: