Wolfram Search Engine Saingan Google

Wolfram Alpha atau seperti dalam websitenya ditulis sebagai Wolfram|Alpha merupakan nama mesin pencari (search engine) yang baru-baru ini diluncurkan ke publik setelah sekitar dua bulan yang lalu namanya mulai dikenalkan. BBCNews memberitakan Wolfram Alpha lebih disebut dengan pengetahuan komputer daripada search engine dan ingin mengubah cara user menggunakan data online.

Tujuan dari situs ini yaitu memberikan jawaban langsung pada query yang dimasukkan daripada memberikan pada mereka alamat-alamat situs lain untuk menemukan jawaban yang mereka cari.

Sistem itu adalah hasil pemikiran dari seorang ahli Fisika dari Inggris, Stephen Wolfram. Wolfram Alpha diperkenalkan pada akhir bulan April dan sejak itu sudah didemonstrasikan ke publik dan para pengguna juga mendapatkan kesempatan untuk memasukkan query lewat tool itu.

Hasilnya berupa halaman dengan catatan data-data, bukan daftar sederhana alamat situs-situs lain yang membantu memecahkan query dari user.

Untuk menjawab pertanyaan yang ada didapat dengan mengumpulkan data dari database dan menggabungkan dengan informasi yang relevan.

Data-data itu dipilih dan dikelola oleh staf Wolfram Research. Wolfram Alpha menggunakan 10 ribu komputer yang tersebar di 5 pusat data.

Untuk lebih dapat memanfaatkan layanan Wolfram|Alpha ini, ada banyak contoh yang diberikan yang meliputi berbagai bidang seperti Mathematics, Statistics & Data Analysis, Physics, Chemistry, Materials, Engineering, Astronomy, Earth Sciences, Life Sciences, Technological World , Transportation, Computational Sciences, Web & Computer Systems, Units & Measures, Money & Finance, Dates & Times, Places & Geography, Socioeconomic Data, Weather, Health & Medicine, Food & Nutrition, Words & Linguistics, Culture & Media, People & History, Education, Organizations, Sports & Games, Music, dan Colors.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: