Smartbook Paduan Netbook dan Smartphone

Tahukah Anda persaingan di bidang teknologi semakin ketat saja. Ini terbukti dengan adanya peningkatan mutu dan harga yang semakin murah. Begitupun dengan Qualcomm dan Freescale Semiconductor yang merupakan perusahaan yang berkecimpung dalam bisnis semikonduktor akan membuat device baru. Mereka mengklaim harga yang ditawarkan lebih murah, lebih modern, dan lebih ringan dibandingkan netbook berbasis Intel. Kedua perusahaan ini memberi nama untuk device barunya dengan nama “Smartbook”. Apa beda smartbook dan netbook?

Menurut Luis Pineda, wakil presiden marketing di divisi teknologi CDMA di Qualcomm, Kamis (28/5) lalu, menyatakan bahwa smartbook merupakan bentuk smartphone namun dalam skala besar. Netbook menggunakan processor Intel Atom, seperti yang banyak digunakan di netbook merek Dell dan Hewlett-Packard, dan bersistem Microsoft Windows XP. Sedangkan untuk smartbook akan menggunakan desain processor yang berbasis ARM dan bersistem Linux. Smartbook juga akan dilengkapi dengan koneksi 3G, seperti pada smartphone.

Chip ARM mampu memberikan efisiensi power daripada processor Atom, dan untuk processor ARM hadir secara virtual sehingga tidak perlu membayar lisensi system operasi. Menurut Glen Burchers, director marketing global di Freescale, perbedaan utama smartbook dan netbook adalah pada daya tahan baterainya, dimana smartbook mampu bertahan hingga 8 jam, lebih slim dan lebih murah. Selain itu, smartbook memiliki fitur koneksi yang selalu ‘on’, yakni pintar untuk mengambil email dan pesan secara otomatis, seperti yang ada di smartphone.

Sementara tugas Qualcomm adalah untuk menyediakan website guna memasarkan prototype smartbook dan konsep device, juga list fitur standard seperti 3G mobile broadband, Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan video HD. Smartbook Qualcomm ini akan dilengkapi dengan processor Snapdragon, sementara untuk chip Freescale menggunakan chip i.MX51. Kedua perusahaan tersebut menggunakan desain processor dari perusahaan ARM yang berpusat di Inggris. Smartbook pertama akan tampil dengan ODM (Original Design Manufacturers), yang di-supply untuk perusahaan PC yang besar untuk pengembangan brand smartbook. Wistron dan Pegatron dari tipe ODM, akan berbentuk clamshell 10 inch berbasis Freescale di konferensi Computex, Taipei minggu depan

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: