Microsoft Security Essentials, Antivirus Terbaru dan Gratis

Microsoft Security Essentials merupakan anti-virus dan anti-malware yang sebelumnya bernama Morro. MSE bisa didapatkan gratis dan rencananya Microsoft akan mengeluarkan versi beta nya pada tanggal 23 Juni 2009 yang akan tersedia dalam versi 32bit dan 64bit. Antivirus yang akan memasuki masa limited beta ini dapat didownload secara gratis pada microsoft.com/security_essentials. Untuk masa beta ini, Microsoft membatasi pengguna hanya sampai 75.000 orang saja. Versi pengujian ditujukan kepada pengguna yang penduduknya berbahasa Inggris, ditambah Brasil, Israel dan Cina.

MSE ditujukan untuk perlindungan terhadap Windows XP (minimal SP2), Windows Vista dan Windows 7 (termasuk Windows 7 RC). Saat ini Microsoft menyediakan Windows Defender untuk perlindungan terhadap malware yang juga tersedia gratis dan jika Windows Defender sudah terinstall pada system MSE akan meng-uninstallnya terlebih dahulu dan kemudian MSE ‘mengambil alih’ tugas Windows Defender karena perlindungan anti-malware sudah terintegrasi dalam MSE.

MSE menyediakan perlindungan berupa antivirus dan anti-malware untuk sistem Windows XP SP2, Windows Vista dan Windows 7 (termasuk Beta atau Release Candidate). MSE memiliki core engine yang sama dengan yang ditawarkan oleh produk Forefront Client untuk bisnis, namun MSE tidak menyediakan kemampuan manajemen seperti yang terdapat pada Forefront Client — atau seperti yang ditawarkan kepada pengguna Windows Live OneCare sebelumnya.

Berbicara mengenai produk dari pihak ketiga, MSE akan menguninstal Windows Defender jika terdapat program tersebut dalam PC pengguna, dikarenakan MSE adalah sebuah “superset” dari Defender. Selama proses instalasi, MSE akan menganjurkan pengguna untuk menguninstal program-program antivirus yang sebelumnya sudah terinstal, hal ini karena menjalankan banyak program antivirus akan memperlambat kinerja PC.

Microsoft akan mengupdate dan memperbaharui kode beta secara rutin pada beberapa bulan ke depan dengan memanfaatkan update melalui Windows Update dan mekanisme melalui Web lainnya.

Microsoft berencana menawarkan pilihan kepada pemilik PC OEM dan system builders untuk membundel MSE ke PC baru mereka, namun tidak berharap para pembuat PC besar untuk ikut andil, karena saat ini para pembuat PC besar pun bersaing menawarkan program antivirus dari perusahaan lainnya.

MSE ditujukan dan diutamakan kepada para pengguna yang belum atau tidak memiliki uang untuk membeli software antivirus/anti-malware. Nantinya tidak akan diminta registrasi, tidak ada versi trial dengan tanggal kadaluarsa atau permintaan untuk kembali memperbaharui. Namun Microsoft membatasi download MSE (versi beta dan final) hanya untuk para pengguna yang menggunakan PC Windows Original (alias bukan Windows bajakan).

Berikut feature-feature menarik yang dibeberkan oleh Microsoft:
• Remove most-prevalent malware
• Remove known viruses
• Real-time anti-virus protection
• Remove known spyware
• Real-time anti-spyware protection

Pihak Microsoft juga mengatakan bahwa MSE hadir dengan proses yang ringan. Hal tersebut dapat terjadi karena MSE murni hadir hanya sebagai anti-malware saja. Kemampuan untuk melakukan scanning disaat komputer sedang idle juga merupakan salah satu feature yang menarik dari MSE. Anda tinggal meninggalkan komputer dan biarkan antivirus bekerja untuk mencari dan membunuh virus tersebut.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: