Indonesia Meluncurkan Roket RX-420 Terbesar

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengorbitkan roket RX-420 pada 2 Juli 2009, kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Kusmayanto Kadiman, di Jakarta, Kamis. Roket RX-420 memiliki daya jangkau 190 kilometer lebih luas dibandingkan uji coba peluncuran roket RX-320 pada tahun 2008.

Sementara menurut kepala teknisi RX-420, Lilis Maryani, seperti yang dilansir dari Antara News, untuk membangun Roket Pengorbit Satelit (RPS) yang diharapkan akan mengudara di tahun 2014. Untuk spesifikasi teknisnya ketika uji coba sebelum RPS, roket RX-420 tersebut meluncur dengan sudut elevasi 700 yang dapat mencapai ketinggian 53 km dengan jarak tempuh 101 km dan kecepatan 4,4 mach.

Peluncuran roket RX-420 dari LAPAN tersebut dihadiri oleh Menristek, Dr Kusmayanto Kadiman, Kepala BPPT Marzan A. Iskandar, wakil dari LIPI, Departmen Pertahanan, TNI, Polri, PT Dirgantara Indonesia, dan PT. Bukaka. Menurut Antara News, RPS yang akan dirilis di Indonesia memiliki 4 tingkat, 3 tingkat RX-420 dan 1 tingkat RX-320. Selain RX-420, LAPAN juga akan meluncurkan roket RX-100 dengan diameter 110mm, berbobot luncur 30kg dan panjang 1900mm. Sementara roket RX-320 yang pernah diluncurkan tanggal 2 Juli dan 30 Mei tahun lalu di stasiun yang sama.

Lapan juga telah melakukan uji coba peluncuran roket RX D230 (RX122) dengan daya jangkau 14 kilometer dapat diluncurkan dengan launcher tabung.

Roket berdaya jangkau 10 kilometer yang berfungsi untuk mengetahui kondisi lapangan sebelum seorang marinir diterjunkan itu diuji coba peluncurannya pada 5 Mei 2009.

Selain itu, kerja sama pembuatan roket dengan beberapa lembaga lainnya juga tengah dikembangkan yaitu, roket penangkal petir untuk melindungi fasilitas penting dan roket untuk membuat hujan buatan.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: