Kendala Bisnis Online di Indonesia

Banyak hal yang dapat dilakukan diintenet, salah satunya adalah berbisnis. Dengan berbisnis diinternet maka siapapun dapat bersaing dengan perusahaan besar sekalipun. Hal terpenting dalam berbisnis internet ini adalah kreativitas.

Di Indonesia masih belum mendukung dalam melakukan bisnis internet dikarenakan infrastruktur dan pola pikir masyarakatnya. Demikian dikatakan oleh Ketua Center for Innovation, Entrepreneurship & Leadership (CIEL) Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB), Dwi Larso, PhD kepada TeknologiNET, Sabtu (18/7/2009). Menurutnya internet memungkinkan usaha kecil bisa bersaing dengan perusahaan besar yang memiliki segalanya.

“Karena platformnya sama. Tidak akan ketahuan mana perusahaan kamar mana perusahaan yang memiliki kantor besar. Selama websitenya bagus orang pasti aka tertarik,” paparnya.

Namun Dwi menyayangkan kondisi infastruktur IT serta pola pikir masyarakat Indonesia masih belum mendukung membuat perusahaan-perusahaan di Indonesia masih belum bisa bersaing.

“Masalahnya adalah infrastruktur dan mindset. Misalnya, di internet kita transaksi online pakai kartu kredit tapi seringkali kita meragukan. Atau pengusaha sering kali tidak mengenal pasar. Sehingga perlu ada faktor media tengah (calo-red). Mindset kalau tidak ada mereka (perantara-red) maka sulit cari pasar,” terangnya.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: